Manfaat Buah Jeruk


Manfaat Buah Jeruk


Manfaat Buah Jeruk
Manfaat buah jeruk – Buah bulat kuning ini banyak dijumpai di pasar-pasar. Jeruk itulah namanya, buah yang mudah untuk dicari. Adapun manfaat buah jeruk antara lain :

- Menghaluskan kulit

Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

- Menghilangkan kulit mati dan jerawat

Kandungan asam yang terdapat pada vitamin C juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, penyumbatan pori-pori juga berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.

- Membangkitkan semangat

Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.
Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.

- Menyejukkan kulit kepala

Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala Anda. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe.
Atau juga bisa Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya.

- Sebagai obat demam

Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air.

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Buah jeruk merupakan buah yang sangat populer di seluruh belahan dunia.
Jeruk tersedia dalam dua kategori, manis dan pahit. Biasanya, jeruk dengan tekstur kulit mulus dan agak berat memiliki kandungan air lebih tinggi daripada jeruk dengan tekstur kulit seperti spons dan memiliki berat ringan.

Antioksidan untuk kesehatan kulit
Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. 

Kaya Vitamin B6
Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. 

Serat jeruk untuk cegah diabetes
Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Kaya beta-cryptoxanthin
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah yang banyak ditemukan pada jeruk, jagung dan labu bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru.


KHASIAT BUAH JERUK SEBAGAI PENGOBATAN


Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak asing lagi dengan buah jeruk. Khasiat Buah Jeruk Dalam Thibbunnabawi

Rasulullah bersabda, “Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an ialah seperti buah jeruk, rasanya manis dan aromanya harum” (HR. Bukhari 8/59 dan Muslim (797)

Utruj (jeruk) memiliki banyak manfaat. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.”

Yang lain mengatakan, “Khasiat biji sitrun bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika ia dilumatkan dan diletakkan pada tempat sengatan.”

Sedangkan yang lain mengatakan, “Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.”

Khasiat Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle)
Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari.
Cara membuat ramuannya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Kemudian tambahkan madu sebanyak perasan air jeruk.

Obat batuk disertai pilek
Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, minyak kayu putih dan kapur sirih.
Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya.

Sakit demam pada anak-anak
Bahan yang diperlukan: satu buah jeruk nipis, tiga suing bawang merah, satu suing bawang putih, satu sendok , minyak kelapa dan garam secukupnya.

Caranya: jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Bawang merah dan bawang putih diparut kemudian ditambahkan garam dan minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata. Campurkan air jeruk nipis dan parutan bawang yang telah bercampur dengan minyak kelapa dan garam tadi. Bahan: satu buah jeruk nipis, setengah pelepah daun papaya, kencur satu ruas jari.

Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air. Bahan: Satu buah jeruk nipis, kecap dan madu secukupnya.
Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.

Satu hal yang perlu juga untuk diperhatikan, apabila dalam pengobatan dengan ramuan tersebut diatas timbul reaksi tubuh, misalnya reaksi kulit serta sakit perut dan diare, maka segera hentikan pengobatan.

Manfaat Buah Jeruk Nipis

Dan di bawah ini adalah 8 manfaat kandung dalam jeruk nipis dan khasiatnya :
Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian dan gosokkan pada kulit muka dan kulit tubuh, maka kulit tersebut menjadi putih halus dan tangan bisa menjadi lembut.

Jika menginginkan rambut berkilauan, cucilah rambut anda dengan campuran perasan jeruk nipis, maka rambut menjadi halus dan berkilau.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari jeruk nipis.Mungkin bisa juga anda mencobanya setelah mengetahui manfaat dan khasiat dari jeruk nipis yang saya paparkan di atas. Semoga bermanfaat.
Baca juga tentang manfaat buah tomat




1 komentar:

streaming tv mengatakan...

sangat bermanfaat sekali infonya
salam kenal TV ONLINE

Posting Komentar