Manfaat Buah Mengkudu


Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah kita bahwa tubuh kita ternyata sangat menyukai buah mengkudu. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini menyimpan manfaat yang banyak bagi tubuh manusia. Ciri – ciri buah ini adalah berwarna kuning dengan permukaan yang tidak rata. Mungkin di lingkungan kita sering menjumpainya, namun kita tidak mengetahui kalau buah tersebut mempunyai manfaat yang banyak bagi kita.

Manfaat Buah Mengkudu
Dari segi rasa memang buah yang satu ini mempunyai rasa yang pahit. Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi daun mengkudu juga mengandung protein sebanyak 4-6 % sehingga sangat baik untuk tubuh kita. Banyak orang memanfaatkan mengkudu sebagai obat herbal penyembuh penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh  Cheryl Ernst Universitas Hawaii mengatakan bahwa daun dan buah mengkudu bisa digunakan untuk mengobati luka dan infeksi kulit. Adapun manfaat buah mengkudu antara lain :

Mencegah Tumor dan Kanker

Mengkudu mengandung antioxidan yang mampu mencegah timbulnya tumor dan kanker. Bahkan menurut penelitian jika di konsumsi dalam jangka waktu yang lama mengkudu bisa membunuh kanker.

Menormalkan Tekanan Darah

Hal ini karena mengkudu mengandung fitonutrien, yaitu berfungsi memperlebar pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkudu dapat merangsang pembentukan sel T dalam meningkatkan kekbalan tubuh. Sehingga tubuh kita tidak gampang terserang penyakit.

Kandungan Buah Mengkudu

Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalm jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Menormalkan Tekanan Darah

Melawan Tumor dan Kanker

Semua tikus yang tidak mendapatkan perawatan dengan Mengkudu mati dalam 9-12 hari akibat kanker. Sedangkan tikus-tikus yang mendapat perawatan dengan Mengkudu mampu bertahan hidup 105 persen hingga 123 persen lebih lama (40 persen dari tikus-tikus percobaan tersebut hidup hingga 50 hari atau lebih).

Anti-peradangan dan Anti-alergi

Anti-bakteri

Hasil penelitian yang dimuat darn jurnal Pacific Science (vo1.4, tahun 1950) melaporkan bahma Mengkudu mengandung bahan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung masalah pencernaan. Senyawa antraquinon yang banyak terdapat pada akar Mengkudu ternyata dapat melawan bakteri Staphylococcus yang menyehabkan infeksi pada jantung dan bakteri Shigella yang menyebabkan disentri.





0 komentar:

Poskan Komentar