Manfaat Buah Tomat


Manfaat Buah Tomat

Siapa yang tidak mengenal buah tomat? Tomat merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim sehingga mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja.
Manfaat Buah Tomat
Buah tomat terdiri dari beberapa varietas, di antaranya adalah tomat buah yang berukuran besar dan sedang, tomat sayur dan tomat ceri (sebesar kelereng). 

Buah tomat yang berukuran besar dapat digunakan sebagai jus, sedangkan yang sedang atau kecil bisa digunakan sebagai sayur atau sambal.
Lemak : 0,3 gram
Pigmen tomat yang berwarna merah mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultra violet. Bagi orang yang sedang mengalami demam, tomat mempunyai khasiat antipiretik yang dapat menurunkan demam, sementara seratnya dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Tomat untuk menghaluskan kulit wajah

Tomat selain bisa dikonsumsi sebagai sayur dan minuman (jus), ternyata bisa juga digunakan sebagai masker. Bagi mereka yang memiliki masalah jerawat tak perlu risau, karena dengan bantuan tomat persoalan jerawat akan teratasi.

Pertama, peras tomat yang berwarna merah tua. Di samping itu, ternyata kandungan karoten dan vitamin C pada tomat berfungsi sebagai antioksidan sedangkan asam sitratnya dapat mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat.

Apa Manfaat Buah Tomat Secara Medis?

Sampai kemudian ia membaca sebuah buku yang di dalamnya disebutkan tomat dapat mengatasi jerawat. Caranya, tomat yang telah masak dipotong-potong lalu digosokkan secara perlahan pada wajah yang berjerawat. Ternyata, kandungan tomatine pada tomat berkhasiat anti-radang. Tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan.

Keajaiban tomat

Yang lebih dahsyat, Bennet menyatakan, minum jus tomat mampu memulihkan fungsi lever.

Demikian pula John Heinerman, seorang peneliti medis yang bekerja sama dengan tabib berkesimpulan, “Tak ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan meminum jus tomat.”

Beberapa waktu silam – tanpa sengaja – dihasilkan sejenis tomat yang mengandung antioksidan lycopene tiga setengah kali lebih banyak. Ini berawal dari usaha ilmuwan di Purdue University dan Pusat Penelitian Pertanian Departemen Pertanian AS untuk mengembangkan tomat yang memiliki kualitas lebih baik dan tidak mudah busuk.

Masih banyak lagi manfaat tomat. Itu karena tomat memiliki kekayaan garam mineral. Jadi, mengonsumsi tomat dapat meningkatkan nafsu makan.
Jika keseleo, jangan khawatir, sembuhkan saja dengan ramuan tomat. Caranya, blenderlah tomat, lalu campur sarinya dengan minyak wijen, dengan perbandingan 1 : 1. Bisul pun dapat diatasi dengan tomat. Lalu taruh di atas bisul. Jadi, tomat tak cukup dianggap sebagai sayur tomat atau buah tomat, tetapi juga herbal. 

Khasiat Buah Tomat Untuk Pengobatan

Khasiat Buah Tomat Untuk Pengobatan - Halo sahabat semua gimana nih kabarnya? Pada kesempatan ini saya akan berbagi satu artikel yaitu tentang Khasiat buah tomat untuk pengobatan. Tomat yang pada umumnya berwarna mearah ini banyak akan khasiat,..

1. Mengobati Keseleo: coba sembuhkanlah dengan menggunakan ramuan dari buah tomat.

2. Bisam mengobati Bisul caranya Siapkan 1 buah tomat, kemudian seluruh daging serta biji buah tomat dipanaskan, baru ramuan tersebut diletakkan pada bisul.

3. Bisa mengobati Jerawat: Siapkan 1 buah tomat yang telah direbus, lalu dipotong-potong.

Kandungan dan Manfaat Buah Tomat

Tomat merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.

Dan tomat juga sering dijadikan penghias makanan agar tampilannya lebih menarik. Sedangkan Di dunia kesehatan, tomat sering dijadikan juss karena sangat menyehatkan apalagi di konsumsi secara rutin.

Namun tahukah anda bahwa ternyata tomat memiliki kandungan dan khasiat yang luar biasa yang tidak di miliki oleh buah – buahan lainnya. 

Adapun kandungan yang dimiliki tomat antara lain :

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk! Berdasarkan pada penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Semakin matang buah tomat, kandungan vitamin nya pun semakin banyak. tomat tidak hanya kaya akan vitamin A dan vitamin C saja.

Sedangkan Manfaat Buah Tomat antara lain :

Lycopene pada tomat berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.
Menghaluskan dan mencerahkan kulit






1 komentar:

Nedzork mengatakan...

khasiat buah tomat

Posting Komentar