Manfaat Buah Pisang


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Siapa yang tidak kenal buah yang bernama pisang, dinegara kita buah pisang sangat banyak dan gampang sekali menjumpainya. Mau tahu mengapa buah pisang begitu popular ? Buah pisang memang sering kita jumpai dan ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan kita.

Beberapa Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah

Buah Pisang Bermanfat Untuk Ibu Hamil

Buah Pisang Bermanfaat Bagi Penderita Anemia

Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setrap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien diare.

Buah Pisang Bermanfaat Bagi Penderita Lever

Manfaat Buah Pisang Bagi Diabetes

Pisang ini merupakan makanan bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang Goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.

Manfaat Pisang bagi Kecantikan

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu.

Buah Pisang Bermanfaat Untuk Mengatur Bobot Badan

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Lainnya


Tanaman pisang secara genetis juga dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, dan polio. Buah pisang mengandung tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, gruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan fiber, memberikan tambahan sokongan energi yang langsung cukup banyak. Penelitan telah membuktikan dengan hanya dua buah pisang mendukung energi yang cukup untuk kuat selama 90 menit.

Pisang juga manjur untuk meredakan orang depresi. Orang yang mengalami depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang. Pisang juga memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika Anda menderita sakit pada jantung, coba untuk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yang telah digigit oleh serangga. Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem urat syaraf.

Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut/tekstur dari buah pisang. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya.

Itulah beberapa khasiat manfaat buah pisang, dan manfaat-manfaat tersebut merupakan anugerah Tuhan yang diberikan kepada manusia. Pisang merupakan buah yang mudah didapatkan, dan tidak terlalu mahal, tapi ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Buah yang sering disepelekan dan dianggap makanan orang desa ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Bagaimana pandangan anda pada buah pisang sekarang?

Manfaat dan Kandungan Buah Pisang

 

Ada laporan yang menyebutkan bahwa pisang berasal dari Asia Tenggara, Brasil, dan India. Di Asia Tenggara, pisang diyakini berasal dari Semenanjung Malaysia dan Filipina. Namun, Indonesia tidak termasuk dalam 15 negara terbesar di dunia yang mengonsumsi pisang. Makanan ringan dari pisang sangat populer bagi masyarakat di perkotaan maupun pedesaan.

Berdasarkan cara konsumsi, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu banana dan plantain. Banana adalah pisang yang lebih sering dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, contohnya pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Energi


Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi dari pada apel. Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat daripada nasi, biskuit, dan sejenis roti.
Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh. 
Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis. Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen.

Mineral dan Vitamin


Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.
Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat.

Manfaat Lain Buah Pisang

Simak  Manfaat Buah Pisang berikut ini :

Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.

1. Meningkatkan fungsi ginjal

Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Hal itu berarti bahwa pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.


2. Meningkatkan energi

Pisang kaya kandungan karbohidrat sehat yang berperan membantu meningkatkan energi.





0 komentar:

Posting Komentar